Profil Daerah

Profil Daerah

Kota Cirebon terletak di pantai utara Provinsi Jawa Barat bagian timur, secara geografis terletak di 108o33 BT dan antara 6o41 LS dengan luas keseluruhan wilayahnya adalah 37,35 Km2. Daerah ini berbatsan langsung dengan Sungai Kedung Pane di sebelah utara, Sungai banjir Kanal Kabupaten Cirebon di sebelah barat, Sungai Kalijaga di sebelah selatan, Laut Jawa di sebelah timur. Kota Cirebon terbagi menjadi 5 Kecamatan dan 22 Desa. Nasi jambalang aadlah makanan khas kota Cirebon jenis makanan ini banyak ditawarkan di seluruh penjuru Kota Cirebon.

Letak geografis Kota Cirebon di Lintasan Jawa Barat dan Jawa Tengah mempunyai keunggulan sendiri. Selain sebagai Kota transit bagi mereka yang bepergian, kota ini menjadi daerah tujuan wisata dan bisnis. Berdagang merupakan sesuatu yang biasa bagi masyarakat Cirebon, sektor perdagangan memang konstribusinya banyak, namun bukan sebagai penyumbang kegiatan ekonomi terbesar. Industri pengolahan nonmigas justru yang tercatat sebagai sebagai lapangan usaha dengan konstribusi yang dominan.

Majunya Industri nonmigas Kota Cirebon tak lepas dari peran berbagai perusahaan yanng menanamkan modalnya setidaknya terdapat 7 Perusahaan skala besar yang dengan investasi di atas 1 milyar rupiah, salah satunya adalah PT. Brithis American Tobacco Indonesia Tbk. Perusahaan rokok putih ini tercatat sebagai investor sekaligus dengan nilai produksi yang tertinggi. Selain itu terdapat PT. Arteria Daya Mulia, perusahaan yang bergerak dalam jaring ikan ini mampu mengkaryakan tigaribu orang tenaga kerja di perusahaannya, hingga kini jalinan benang nilon yang diproduksi tidak hanya memasok kebutuhan dalam negeri, sebagian produksi juga telah diekspor ke Jepang, Timur Tengah, Amerika Latin dan Eropa. Perusahaan lainnya bergerak dalam bidang makanan ternak, mebel kayu, karoseri dan bahan kimia. Visi untuk menjadikan Kota Cirebon sebagai pusat kegiatan ekonomi tampaknya tidak mudah terwujud, meskipun Kota ini memiliki pelabuhan laut namun ketesediaan sarana sebagai pelabuhan sebagai salah satu tempat keluar masuknya barang masih menjadi kendala, akibat minimnya fasilitas yang tersedia , tidak banyak kapal atau perusahaan yang mau memanfaatkan pelabuhan ini.

Kota Cirebon ini juga mempunyai potensi di sektor pariwisatanya yang meliputi wisata budaya yaitu keraton kesepuhan, keraton kanoman, keraton kecirebonan, keraton kaprobanan, Taman Ade irma Suryani, Linggarjati, taman air suryanangi.


Sumber Data:
Jawa Barat Dalam Angka 2007
(01-7-2007)
BPS Provinsi Jawa Barat
Jl. PHH Mustapa No. 43, Bandung 40124

Last Update On : 1 April 2015 22:05:32   Posted By : Developer Pragma

Booklet Investasi
Link Terkait

Pesan Dari Masyarakat
Statistik Pengunjung
Hari Ini  :  281
Kemarin  :  1
Bulan Ini  :  573
Tahun Ini  :  2072
Total  :  8349